Berita Fakultas Ekonomi UNIMED Kegiatan

Webinar FE Angkat Tema Strategi Dunia Usaha Pasca Covid-19

 

 

Fakultas Ekonomi Unimed menggelar acara WEBINAR dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional dengan tema “Strategi Dunia Usaha Menyikapi Indonesia Sebagai Negara Maju Pasca Covid-19”. Acara ini dilaksanakan secara online dengan menggunakan aplikasi googlemeet atau dengan menyaksikan tayangan langsung di Youtube dengan tautan https://fe.unimed.in/streaming (20/05/2020). Acara ini menghadirkan keynote speaker Prof. Dr. Ir. Johar Arifin Husein, M.S. ( Anggota DPR RI), narasumber yakni H. Ivan Iskandar Batubara, M.B.A (Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Sumut ), dan panelis Prof. Dr. Syawal Gulltom, M.Pd (Ketua Senat Unimed), Prof. Dr. Dedy Purwana, M.Bus (Guru Besar FE UNJ), Drs. H Lamtureng, M.M (Anggota Badan Pengawas BPJS Kesehatan), Palacheta Subies Subianto, B.A., M.Sc (Pengusaha/Alumnus London School of Economics, UK), Dr. Wawan Hermawan, M.T (Dosen FEB Universitas Padjadjaran), Dr. Fitrawaty, M.Si (Kaprodi Magister IE Pps Unimed).

Dekan FE Unimed, Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D, pada pembukaan menyampaikan ucapan terima kasih kepada Prof. Dr. Ir. Johar Arifin Husein, M.S sebagai keynote speaker dan H. Ivan Iskandar Batubara, M.B.A sebagai narasumber, dan para panelis serta peserta yang bersedia mengikuti kegiatan Webinar dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional.

Dalam sambutannya Rektor UNIMED Dr. Syamsul Gultom, SKM., M.Kes mengucapkan terima kasih kepada Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D yang telah menggagas seminar daring ini, dan terima kasih atas kesediaan Bapak-bapak Narasumber dan Panelis, karena telah bersedia bergabung bersama dalam seminar daring ini. Serta terima kasih juga kepada seluruh peserta yang telah meluangkan waktu di masa pandemi Covid-19 ini untuk mengikuti seminar daring ini.

Lebih lanjut Dr. Syamsul Gultom berharap agar kegiatan baik ini betul-betul dapat bermanfaat bagi kita bersama, terkhusus masyarakat Sumatera Utara dan bangsa Indonesia. Kita berharap hasil dari pertemuan ilmiah online ini dapat menghasilkan berbagai rekomendasi bagi pemerintah daerah dan pusat, serta para pelaku usaha dalam merancang strategi apa yang tepat untuk menyikapi perekonomian Indonesia sebagai negara maju pasca Covid-19 nanti. Karena yang bersama kita dalam seminar daring ini, ada Prof. Johar Arifin (Anggota DPR RI) yang tentu punya peran dalam regulasi dan pengambilan pebijakan di pusat. Ada juga Bpk Ivan Iskandar batubara (Ketua Umum KADIN Sumut) yang pasti punya andil dalam pengambilan kebijakan di Provinsi Sumatera Utara dan nasional. Juga bersama kita banyak para pakar, akademisi dan praktisi Ekonomi, yang tentu punya pengalaman cemerlang, yang dapat berkontribusi dan memberikan pencerahan kepada kita semua dalam seminar daring ini.

Prof. Dr. Ir. Johar Arifin menyampaikan acara ini merupakan salah satu bukti kepedulian Unimed dan kita semua untuk negeri kita tercinta Indonesia. Indonsia adalah surga rempah-rempah, kita manfaatkan potensi yang ada di Indonesia. Dengan melakukan 6 langkah dengan serius maka indonesia akan mampu cepat keluar dari efek negatif ekonomi pandemi covid 19. “Negara mandiri indonesia akan menjadi kuat karena tidak bergntung pada negara lain. Indonesia masuk ke negara maju yang sebenarnya, selama ini politik yang membuat indonesia masuk ke negara maju, indonesia kembali menjadi anggota OVEC, indonesia menjadi produsen minyak siri terbesar,”.

Kadin Sumatera Utara H. Ivan Iskandar Batubara mengatakan “berbagai media membahas status Indonesia yang menjadi negara Maju. USTR menerbitkan Public Notice Indonesia dan 26 Negara menjadi negara maju, ternyata tidak ada kesepakatan bagaimana menentukan maju tidaknya suatu negara, setiap pihak bisa memiliki pendapat masing-masing, anggota WHO bisa menentukan statusnya sendiri, beberapa negara maju seperti Korea Selatan dan Turki bahkan menetapkan status mereka sebagai negara berkembang,” ungkap Ivan.

Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. dalam paparan materi nya menyampaikan “konsistensi kebijakan dan Strong Leadership Integrasi “Indonesian Value” sebagai dasar dan visi masa depan, memilih keunggulan usaha dan teknologi serta ekonomi berbasis inovasi dan potensi unggulan Indonesia, polarisasi dan distribusi kualitas SDM secara kontekstual dan sectoral, focus pada sector andalan yang bernilai lokal, nasional, regional dan internasional, pemertahanan keberlanjutan implementasi model Indonesia sebagai negara maju,”.(Humas UNIMED/fg)

 

Berita Terkait :

Pasca Covid-19: Sebagai Negara Maju, Indonesia Wajib Mandiri

Webinar FE Unimed: Pasca Covid-19, Sebagai Negara Maju, Indonesia Wajib Mandiri

Mendikbud Sambut Baik Paparan Djohar Arifin Husin di Webinar FE Unimed