Kegiatan Seminar dan Kegiatan

Finalkan Kurikulum Prodi Bisnis Digital dan Kewirausahaan, FE UNIMED Libatkan Dunia Industri dan Praktisi

Fakultas Ekonomi Unimed mengundang puluhan praktisi dan dunia industri dalam rangka menuntaskan kurikulum Program Studi Bisnis Digital dan Program Studi Kewirausahaan yang merupakan program studi baru. Kedua Prodi ini baru akan menerima mahasiswa baru pada tahun 2020 ini. Diskusi bersama dalam FGD guna memfinalkan kurikulum kedua Prodi tersebut di gelar pada 4 Februari 2020 di Aula FE Unimed.

Kegiatan FGD ini dibuka oleh Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, SKM.,M.Kes, ikut serta dalam pembukaan Ketua Senat Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. yang juga selaku narasumber. Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si. Ph.D, Wakil Rektor I Dr. Restu, MS, Para Wakil Dekan, Ketua Prodi dan beberapa dosen di lingkungan FE Unimed. Dari praktisi dan dunia industri yang hadir, diantaranya : KADINSU, Balai Besar SDM Kemenkominfo, start up.id, Ka. UPT TIK Unimed, BRI , Perusahaan sekuritas, komunitas bisnis digital dan PT.Dream Come True.

FGD langsung dipimpin oleh Dekan FE Unimed Prof. Indra Maipita, serta menghadirkan narasumber Ketua Senat Unimed, Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang memberikan materi tentang harmonisasi penyusunan kurikulum perguruan tinggi berbasis KKNI dengan dunia usaha.

Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom, dalam arahannya menyambut baik pendirian dua Prodi baru di FE Unimed ini yaitu Prodi Bisnis Digital dan Kewirausahaan, yang direncanakan tahun ini akan mulai menerimaan mahasiswa baru. Rektor menegaskan bahwa Prodi Bisnis Digital adalah sebuah terobosan baru untuk antisipasi masa depan bagi generasi milenial bangsa Indonesia, yang harus mampu menyikapi perubahan dinamika dan transformasi bisnis berbasis digital. Untuk itu Rektor memberikan apresiasi kepada seluruh civitas akademika FE Unimed dibawah pimpinan Dekan Prof. Indra Maipita yang terus melakukan terobosan-terobosan dalam mendukung Unimed sebagai PTN BLU kedepannya. Kami harapkan FE ini akan menjadi salah satu fakultas penyumbang income generate terbaik kata Rektor saat membuka acara FGD. Jadi sangat tepat FGD yang dilakukan oleh FE Unimed ini dengan mengundang para stakeholder yang berkecimpung di dunia bisnis digital sehingga mendekatkan kurikulum pada capaian yang ditargetkan.

Lanjut Dr. Syamsul, saya berharap kurikulum yang kita susun ini dengan melibatkan berbagai stakeholders akan semakin matang dan siap diterapkan pada perkuliahan semester ganjil TA. 2020-2021 nantinya. Melalui kurikulum ini, kita sama-sama berharap akan melahirkan generasi milenial yang siap melahirkan dunia usaha baru dalam bidang bisnis digital dan kewirausahaan baru. Jika harapan kita ini terwujud, pasti akan banyak perguruan tinggi yang akan datang untuk belajar ke Unimed, karena Prodi ini baru ada di tiga PTN di Indonesia.

Dekan FE Unimed Prof.Indra Maipita, secara rinci membahas deskripsi mata kuliah dari kurikulum yang sudah dirancang dan dalam sesi diskusi para peserta FGD memberikan masukan secara bergiliran. Dijelaskan oleh Prof. Indra, kurikulum Prodi Bisnis Digital merupakan perpaduan antara aktivitas ekonomi dan pemanfaatan teknologi sehingga bidang apapun yang berorientasi pada bisnis aktivitasnya dapat di jalankan dengan basis digital, sehingga lulusan prodi ini yang dihasilkan benar-benar mampu membangun dan mengembangkan seluruh aspek dan peluang bisnis dengan menggunakan kekinian teknologi yang semakin maju dan pesat berkembang.(Humas Unimed/js)