Berita Fakultas Ekonomi UNIMED Kegiatan

FE Unimed dan PD AIJ Siap Kembangkan Potensi Bisnis di Sumut

Fakultas Ekonomi Unimed menerima kunjungan audiensi Direktur Utama Perusahaan Daerah Aneka Industri dan Jasa (PD AIJ) Pemprovsu Dr. Renny Maisyarah, SE, M.Si., Ak.CA. beserta stafnya di Fakultas Ekonomi Unimed (11/9). Hal ini dilakukan sebagai penjajakan kerjasama strategis antara PD AIJ dengan Unimed, guna mengembangkan bisnis dan penguatan perusahaan. Kedatangan PD AIJ disambut hangat oleh Dekan FE Unimed, Prof Indra Maipita MSi PhD didampingi Wakil Dekan I Dr Eko Wahyu Nugrahadi MSi, Wakil Dekan III Drs. Jhonson M.Si, Ketua Prodi Ilmu Ekonomi Dr. Mhd Yusuf Harahap, M.Si. dan Kepala Laboratorium Bisnis Prodi Manajemen Khafi Puddin, SE, M.Si.

Menurut Dekan FE, semua BUMD memiliki potensi masing-masing untuk dikembangkan, dan yang paling terpenting adalah kajian terhadap suatu potensi bisnis yang akan dijalankan harus dilakukan secara komprehensif dan berorientasi jangka panjang secara berkelanjutan.

Pada prinsipnya FE Unimed siap bekerjasama dengan PD AIJ untuk melakukan kajian pengembangan potensi bisnis yang dibutuhkan dan akan segera menyampaikan hal ini kepada Rektor Unimed Dr. Syamsul Gultom SKM., M.Kes. agar dapat dilaksanakan suatu kerjasama antar institusi yang tertuang dalam dokumen nota kesepahaman/MoU.

“Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan senantiasa terbuka dan siap bekerjasama dengan instansi manapun khususnya Badan Usaha Milik Daerah di bawah jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara sebagai wujud kontribusi nyata peranan FE Unimed untuk memperkuat BUMD di Provinsi Sumatera Utara. Tentunya dengan Unimed telah menjadi perguruan tinggi pengelola keuangan Badan Layanan Umum (BLU) sangat membutuhkan berbagai kemitraan strategis khususnya yang berbasiskan pada Income generate (Pendapatan Usaha). Unimed sendiri sebelumnya telah menjalin kerjasama dengan beberapa BUMD dijajaran Pemprovsu yaitu PT Bank Sumut dan PT Dirga Surya,” ujar Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D.

Pada kesempatan yang sama Dirut PD AIJ mengapresiasi sambutan hangat dan penerimaan FE Unimed yang siap membantu pengembangan bisnis PD AIJ. Menurutnya secara historis perusahaan ini memiliki banyak unit bisnis yang dapat diaktifkan kembali karena PD AIJ memiliki banyak aset yang dapat menjadi modal dasar pengembangan bisnisnya. Penjajakan kerjasama ini merupakan masukan dan saran dari Dewan Pengawas PD AIJ yang mendorong Direksi untuk melakukan kerjasama strategis untuk penguatan perusahaan sehingga mampu berjalan sesuai yang diharapkan oleh Gubsu untuk mewujudkan Sumut Bermartabat.

“Untuk itulah hari ini PD AIJ datang ke FE Unimed yang memiliki banyak SDM dan pakar di bidang Manajemen dan Bisnis, serta memahami kebijakan publik dan akuntansi sektor Publik untuk dapat saling memberikan masukan dan bertukar informasi untuk pengembangan bisnis PD AIJ Kedepannya. Salah satu contohny adalah PD AIJ akan mengembangkan bisnis pengelolaan property yang bisa dikerjasamakan dengan Unimed untuk pemondokan bagi mahasiswa dan pembangunan pabrik pengolahan yang berbasiskan potensi bahan baku pertanian yang tersedia di Provinsi Sumatera Utara untuk menjadi tempat praktik mahasiswa dalam sistem manajemen usaha, dan mekanisme pabrikasi dalam paraktiknya,” ujar Dr. Renny Maisyarah, SE, M.Si., Ak.CA. (Humas Unimed/eo)