Kegiatan

Pemkab Deliserdang Libatkan FE Unimed Latih BUMDes

OkeMedan.com – Kualanamu. Dekan Fakultas Ekonomi Unimed Prof Indra Maipita MSi PhD menyambut baik atas kepercayaan Pemerintah Kabupaten Deliserdang melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa yang melibatkan dan mengundang Dosen FE Unimed untuk menjadi Narasumber dalam kegiatan pelatihan untuk peningkatan kapasitas tatakelola Badan Usaha Miliki Desa (BUMDes) se Kabupaten Deli Serdang yang diselenggarakan di Hotel Wings Kualanamu, mulai tanggal 14 s/d 16 Juli 2019.

Menurut Prof Indra Maipita didampingi Wakil Dekan 1 Bidang Akademik Dr Eko Wahyu Nugrahadi MSi, Wakil Dekan 2 Bidang Administrasi dan Keuangan Drs La Ane MSi dan Wakil Dekan 3 Bidang Kemahasiswaan Drs Jhonson MSi, Kamis (18/7/2019), bahwa pelatihan ini merupakan suatu kegiatan yang sangat penting dan diperlukan bagi pengelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) untuk dapat menjalankan usaha secara optimal sebagaimana yang diatur dalam Undang Undang No 6 tahun 2014 tentang Desa pada Bab X yang mengatur tentang manajemen BUMDes.

“Tentunya keberadaan BUMdes diharapkan memberikan dampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Desa, dan mendorong tumbuhnya pengelolaan sektor sketor produktif dimasyarakat desa berbasiskan pada potensi lokal yang dimiliki, ” jelasnya.

Prof Indra Maipita menjelaskan tujuan utama pendirian BUMDes diantaranya meningkatnya pendapatan Asli Desa, yang dapat dimanfaatkan untuk pembangunan Desa, pemberdayaan masyarakat Desa, dan pemberian bantuan untuk masyarakat miskin melalui hibah,bantuan sosial dan dana bergulir.

FE Unimed sendiri menugaskan dua orang dosen yang menguasai penatausahaan keuangan BUMDes pada pelatihan tersebut yaitu Dr Azizul Kholis SE MSi CMA CSRS dan Ali Fikri Hasibuan SE MSi yang menyampaikan materi tentang sistem akuntansi BUMdes sesuai Standar Penyusunan Laporan Keuangan Entitas Mikro, Kecil dan Menengah yang diterbitkan oleh Ikatan Akuntan Indonesia.

Sementara itu Dr Azizul Kholis didampingi Ali Fikri MSi pada kesempatan pelatihan tersebut menjelaskan bahwa pelatihan ini sangat diperlukan bagi pengelola BUMDes untuk dapat mengerti dan memahami pentingnya tertib akuntansi dalam pengelolaan keuangan Desa.

Pada dasarnya, Laporan Keuangan menurut SAK EMKM dibuat berdasarkan asumsi dasar akrual dan kelangsungan usaha seperti entitas bisnis umumnya. Syarat penyajian Laporan Keuangan UMKM harus bersifat relevan, lengkap, bisa dipahami, dan komparatif.

Kemudian, tambah Dr Azizul, kegiatan pelatihan ini akan ditindaklanjuti dengan kerjasama yang lebih kongkrit yaitu seperti pendampingan penyusunan laporan keuangan BUMDes, pembuatan aplikasi sederhana yang dapat membantu pengelola dalam menyusun laporan keuangan oleh para dosen FE Unimed yang ingin melakukan kegiatan pengabdian masyarakat serta kegiatan magang mahasiswa untuk melihat langsung didesa-desa sekitar kampus Unimed, khususnya di Kecamatan Percut Sei Tuan sebagai perbandingan teoritis Sistem Akuntansi BUMDes yang dipelajari dikampus dengan penerapannya didunia praktik.

Acara pelatihan dibuka secara resmi oleh Bupati Deli Serdang yang diwakili oleh Asisten Setdakab Drs Dedy Maswardi MAP didampingi langsung Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Pemkab Deli Serdang Drs Citra Efendi Capah MSP beserta para Kepala Bidang di lingkungan Dinas PMD.

OM-ZAN