Berita Fakultas Ekonomi UNIMED Kegiatan

Unimed dan BAPPENAS Lakukan FGD Uji Model Belanja Subsidi Pupuk dan Pangan

MEDAN – Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional/ Badan Perencanaan Pembangunan Nasional Republik Indonesia (BAPPENAS) melalui Direktorat Keuangan Negara dan Analisis Moneter lakukan FGD Uji Model Belanja Subsidi Pupuk dan Pangan bersama Fakultas Ekonomi di ruang rapat FE Unimed (22/11).

Turut mengikuti rapat FGD tersebut, Rektor Unimed, Wakil Rektor, Dekan FIK, Dekan FE, Wakil Dekan FE, Direktur Keuangan Negara dan Analisis Moneter dan staf BAPPENAS RI.

Direktur Keuangan Negara dan Analisis Moneter, Dr. Ir. Boediastoeti Ontowirjo, MBA mengatakan “Perguruan Tinggi merupakan gudang riset khususnya dalam meningkat perekonomian Indonesia. Informasi keuangan negara harus menerawang kedepan, kontribusi pemerintahan dapat berkontribusi secara outcome khususnya pada peningaktan ekonomi. Semua dibahas dari berbagai angle belanja negara mulai dari propoporsi alokasi berbagai sektor, perencanaan program kegiatan, dan eksesukusi program yang berkualitas.  Kami berharap dengan FGD ini menghasilkan suatu pemikiran dan ide dari kacamata perguruan tinggi dalam menentukan model belanja, khususnya pada subsidi pupuk dan pangan di daerah. Sehingga penggunaan anggaran menjadi efisien dan efektif.

Dekan FE, Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D. sebagai penguji mengatakan “untuk menentukan proporsi anggaran pada subsidi pupuk dan pangan tidaklah mudah, harus dikaji lebih lanjut. Mulai dari kebutuhan di daerah, luas lahan pertanian, anggaran daerah dan lainya. Ini akan menjadi bahan diskusi bagi Unimed untuk memberikan masukan dan solusi kepada Bapennas sebagai penyelenggara anggaran, paparan yang disampaikan ini nantinya akan menjadi masukan dan pembelajaran di Fakultas Ekonomi.”

Sementara Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M. Pd mengatakan “kegiatan FGD uji model belanja subsidi pupuk dan pangan merupakan bentuk kontribusi nyata perguruan tinggi dalam memajukan bangsa. Kami merasa terpanggil untuk memberikan masukan dan berdiskusi dengan Bapennas. Lebih lanjut, akan menjadi bahan diskusi dan pengajaran di Unimed. Terima kasih kepada tim yang menyiapkan acara FGD ini. Meskipun kami belum bisa menyempurnakan, namun kita dapat memperoleh manfaat dari kegiatan ini.” (Humas Unimed/eo)