Kegiatan

Unimed jadi Tuan Rumah APE LPTK

Medan (Saka Premier) – Universitas Negeri Medan menjadi tuan rumah dalam menyelenggarakan Pertemuan Forum Asosiasi Pendidikan Ekonomi Lembaga Pendidikan Tinggi Kependidikan (APE-LPTK) se-Indonesia pada 2-4 Mei 2018. Dilaksanakan di Saka Hotel Premier.

Pada pertemuan forum tersebut, turut hadir Pimpinan APE 12 LPTK Negeri Se-Indonesia, Universitas Negeri Medan,  UPI Bandung, UNP Padang, UNJ Jakarta, UNNES Semarang, UNESA Surabaya, Universitas Negeri Malang, UNM Makassar, UNIMA Manado, Universitas Pendidikan Ganesha, UNG Gorontalo, Universitas Mulawarman, Universitas Negeri Palangkaraya, dan Universitas Muhammadiyah Solo. Sebanyak 70 orang APE LPTK se-Indonesia.

Ketua APE-LPTK Dr. Wahyono, MM. menyampaikan dalam pembukaan “tujuan acara ini untuk penyusunan kurikulum pendidikan ekonomi, penyusunan APE LPTK ini untuk mengejar perubahan karena belum ada standar yang baku, oleh karena itu kita harus membuat standarisasi kurikulum di APE-LPTK, sehingga nanti lulusan nantinya memiliki standar yang sama.”

Dekan FE Unimed Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph.D menyampaikan terima kasih yang tulus telah berkenan hadir dalam rapat pleno dan menyukseskan agenda APE-LPTK. Selain itu tujuan dari pertemuan forum ini untuk menyamakan persepsi tentang standar penilaian penguatan akademik, penguatan kerjasama lintas APE-LPTK.

Rektor Unimed Prof. Syawal Gultom dalam sambutannya sebagai tuan rumah mengatakan, selamat datang di Medan Bapak/Ibu Dekan Fakultas Ekonomi kami doakan semoga bapak/ibu merasa nyaman dan bahagia selama berada di Medan. Kami merasa bangga dan bahagia telah dipercaya menjadi tuan rumah dalam penyelenggaraan Forum ini. Kita bersama berharap semoga pertemuan di Medan ini akan menghasilkan kesepakatan terbaik untuk pengembangan dan peningkatan sistem akademik, manajemen dan kerjasama di LPTK Negeri yang diamanahkan oleh civitas kepada kita, khususnya di FE masing-masing.”.

Acara ini dilanjutkan dengan sesi sidang pleno dengan agenda pemaparan hasil analisis tang dilakukan oleh tim taskforce yang telah ditunjuk sebelumnya, tentang kurikulum program studi pendidikan di lingkungan APE-LPTK, yaitu Program Studi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Ekonomi, dan Pendidikan Tata Niaga. Hasil analisis menyimpulkan  masih terdapat perbedaan format kelembagaan pada tiap perguruan tinggi, UNJ Studi Pendidikan Akuntansi, Pendidikan Administrasi Perkantoran, Pendidikan Ekonomi masih berbentuk konsentrasi. Dan menyamakan rumusan profil lulusan, capaian pembelajaran, dan struktur kurikulum, sebaran mata kuliah, serta bobot sks mata kuliah. (Humas Unimed)