Kegiatan

Ribuan Mahasiswa Unimed Antusias Ikuti Kuliah Umum Ekonomi Digital

 

Medan (Unimed) – Sekitar 1500-an orang mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (FE UNIMED) kembali mengikuti kuliah umum. Tema kuliah umum kali ini yakni Ekonomi Digital, FE Unimed rutin menyelenggarakan kuliah umum dengan menghadirkan kaum profesional dan dunia kerja demi menambah dan membagi pengetahuan aplikatif kepada warga civitas. Seperti yang berlangsung dari tanggal 24 – 26 April 2018 di Auditorium Unimed. Acara yang berlangsung selama empat hari tersebut menghadirkan narasumber ; Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Kepala Kantor Perwakilan BI Sumut Arif Budi Santoso, Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Mulyanto, Kanwil BNI Sumut Drs. Rudi Harjito, Akt. M.H., EVP Telkom Regional I Sumatera Stanislaus Susatyo, Komisaris Bank Sumut Hendra Arbie, Kepala Seksi Industri Agro dan Hasil Hutan Dr. Ir. Hj. Nurhaida Pohan S, M.M.

Turut hadir pada kuliah umum tersebut, Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd., Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K., M.Pd., Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd., Wakil Rektor IV Prof. Drs. Manihar Situmorang, M.Sc, Ph.D., Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Indra Maipita, M.Pd., Ph.D., beserta Wakil Dekan I – III, Fungsionaris dan dosen- dosen FE Unimed.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. menyampaikan pada pembukaan kuliah umum “Sejak KKNI diluncurkan, kuliah umum yang seperti ini sangat diperlukan, karena di fakultas atau di kelas itu hanya tempat persiapan kuliah, karena kuliah itu ada di laboratorium, masyarakat, perkantoran maupun di dunia maya. Karena Unimed susah berganti dari berbasis konten ke kuliahan berbasis produk. Oleh karena itu, kita menghadirkan ahlinya”, Ujar Pak Rektor.

Prof. Syawal juga mengatakan mahasiswa Unimed juga telah disiapkan di dalam pembelajaran untuk menghadapi ekonomi digital hal ini dibukikan dengan adanya project-project yang dihasilkan oleh mahasiswa selama proses pembelajaran. “Unimed mengharuskan setiap mahasiswa menghasilkan produk selama perkuliahan karena dari produk yang dihasilkan dapat menjadi portofolio bagi lulusan Unimed, dengan adanya portofolio tersebut menunjukkan bahwa lulusan siap untuk memasuki dunia kerja dan siap dengan tantangan ekonomi digital,” ungkap Prof. Syawal.

Dekan Fakultas Ekonomi Prof. Indra Maipita, M.Pd., Ph.D. menyampaikan “Kami percaya bahwa ekonomi digital akan mengarahkan globalisasi menuju arah baru transaksi, seperti digital teknologi yang berperan dalam sektor keuangan melalui sistem pembayaran sebagai saluran transaksi ekonomi dan infrastruktur pasar keuangan,” terang Dekan FE Unimed.

Menghadapi era yang serba digital saatini, individu semakin dimudahkan dalam berkomunikasi untuk memperoleh informasi apapun secara cepat dan lengkap. Cukup dengan menggunakan alat komunikasi yang terhubung dengan jaringan internet, seluruh informasi sudah dalam genggaman. Bagi sebagian besar ekonomi, kontribusi aspek digital terhadap ekonomi cenderung meningkat. Hal ini terlihat dari pangsa pasar digital terhadap produk domestik bruto (PDB) yang mengalami peningkatan, sehingga menjadi fenomena perkembangan dari era ekonomi digital. (Humas Unimed)