FIK, FIS, FE UNIMED Gelar Pembekalan Magang I Bersama

Article

Medan (Unimed) – Ratusan mahasiswa FIK, FE, dan FIS Unimed mengikuti Kuliah Umum persiapan Magang I di Auditorium Unimed (20/02/2017). Persiapan magang I ini di laksanakan secara bersama antar tiga fakultas sebagai langkah awal sebelum mahasiswa magang di sekolah pilihan. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai pembekalan kepada mahasiswa semester II dalam kurikulum KKNI agar dapat mempersiapkan konsep materi dan permasalahan apa yang akan ditemukan di tempat magang nantinya. Hadir pada acara tersebut Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, yang juga selaku narasumber utama. Dekan FE Prof. Indra Maipita, M.Si., Ph,D. Dekan FIS Dra. Nurmala Berutu, M.Pd, dan Dekan FIK Dr. Budi Valianto, M.Pd. turut hadir juga para wakil dekan dari tiga fakultas tersebut.

Sejak diberlakukanya kurikulum baru berbasis KKNI, persiapan magang mahasiswa terus dipersiapkan secara baik. Agar para mahasiswa memiliki alur pemahaman yang matang. Kegiatan magang I ini dilakukan untuk mendekatkan dan melatih para Mahasiswa kepada pasar kerja yang akan mereka geluti setelah tamat dari masa perkuliahan nantinya. Kegiatan magang pertama yang akan dilakukan oleh mahasiswa berbentuk dalam observasi mencari masalah dan kendala yang dialami oleh guru di sekolah dalam proses pengajaran. Kemudian dilanjutkan dengan diskusi bersama para dosen pembimbing akademik masing-masing di kelas.

Prof. Syawal Gultom dalam paparanya mengatakan tuntutan kurikulum KKNI salah satunya adalah mahasiswa harus melaksanakan magang. Ada tiga kali bagi mahasiswa Prodi Kependidikan dan dua kali magang bagi mahsiswa Prodi Non kependidikan. Pelaksanaan magang yaitu : (a) penguatan kompetensi guru sebagai pendidik profesional, (b) melatih kematangan alur pikir dan (c) menyatukan konsep teori dan realitas dilapangan. Jika sejak dini mahasiswa bisa memahami segala permasalahan yang dialami oleh guru dalam proses pembelajaran, kemudian di lanjutkan dalam analisis bersama mencari alternatif solusi terbaik. Maka akan terlatih mahasiswa tersebut dengan realitas masalah kependidikan dan pengajaran. Hal ini kita lakukan agar lulusan Unimed memiliki kompetensi yang bisa di ukur dan sesuai dengan kebutuhan stakeholders.

Sity Nurjanah, mahasiswa Fakultas Ekonomi mengatakan, dengan adanya pembekalan ini ada bertambah  pengetahuan mengenai sekolah untuk menjadi guru yang baik dan profesional, Sehingga saat melakukan magang para mahasiswa sudah mengerti bagaimana cara belajar yangh baik di dalam sekolah, dari magang juga menambah kemandirian Mahasiswa untuk mencari sekolah tempat magang. Harapan kedepan guru bisa berkembang dengan baik dan potensinya lebih bagus lagi, ujarnya.


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya