Kuliah Umum FE UNIMED Hadirkan Pakar & Praktisi Ekonomi

Article

Medan – Fakultas Ekonomi Unimed melakukan gebrakan baru dengan mengelar Kuliah Umum untuk mengawali kegiatan perkuliahan pada semester genap 2015/2016. Kuliah umum yang dilaksanakan di Gedung Auditorium Unimed pada Senin-Jumat, 15-19 Februari 2016 ini menghadirkan para pakar dan praktisi ekonomi nasional. Hadir pada pembukaan kuliah umum tersebut yakni ; Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, Kepala Kantor Perwakilah BI Sumatera Utara Bapak Difi Ahmad Johansyah, Wakil Rektor I Prof. Dr. Abdul Hamid K, M.Pd, Wakil Rektor III Prof. Dr. Sahat Siagian, M.Pd. Wakil Rektor IV Prof. Manihar Situmorang, M.Sc. Ph.D, Dekan FE, FBS, FT. FIS, FMIPA, para Wakil Dekan, Ketua Jurusan, Sekretaris Jurusan, Ketua Prodi, Ketua Laboratorium, para dosen dilingkungan FE Unimed. Serta ribuan mahasiswa FE Unimed.

Panitia kegiatan Fakultas Ekonomi Unimed berhasil mengundang para pakar dan praktisi ekonomi untuk memberikan kuliah umumnya. Diantaranya adalah : a). Difi Ahmad Johansyah (Kepala Kantor Perwakilan BI SUMUT) dengan materi “Bank Sentral dan Perkembangan Kebijakan Moneter Terkini”. b). Dr. Drs. Arsyad, M.M. (Kepala Bappeda SUMUT) dengan materi “Perencanaan dan Penganggaran Keuangan Daerah”. c). Ivan Iskandar Batubara (Ketua Kamar Dagang Industri SUMUT) dengan materi “Tantangan dan Peluang Wirausaha Muda menghadapi Free Trade Area”. d). Mulyana (Kepala Perwakilan BPKP SUMUT) dengan materi “Akuntabilitas dan Pertanggungjawaban Keuangan Daerah”. e). Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd. (Rektor Unimed) dengan materi “Pembelajaran Berbasis Kebutuhan Pasar Global”.

Rektor Unimed Prof. Dr. Syawal Gultom, M.Pd, dalam sambutan diacara pembukaan mengatakan bahwa kegiatan kuliah umum dengan menghadirkan para pakar dan praktisi ekonomi sangatlah baik dan harus apresiasi. Sungguh kegiatan ini sangatlah tepat kita laksanakan agar mesingkronkan antara teori dan realitas kegiatan ekonomi dimasyarakat. Suatu kajian yang baik tidaklah hanya analisis secara teori, namun tidak disesuaikan dengan realitas di masyarakat. Kita Unimed telah lama menerapkan bentuk aktivitas perkuliahan yang dilaksanakan oleh dosen di kelas harus diselaraskan dengan bentuk kegiatan nyata dimasyarakat, tentunya sesuai bidang ilmu yang dikaji. Saya berharap kegiatan ini dapat bermanfaat baik bagi mahasiswa-mahasiswa FE Unimed dalam mensinergikan antara kajian teori dibangku kuliah dengan realitas lapangan di dunia kerja.

Lanjut Prof. Syawal, ini merupakan langkah baru secara besar dilakukan oleh Dekan FE Unimed untuk mengawali perkuliahan dengan mengundang para pakar dan praktisi ekonomi. Walaupun difakultas lain juga sudah melakukannya dengan mengundang pakar dan praktisi sesuai bidang ilmu yang dikembangkan difakultas. Saya berharap kegiatan seperti ini harus kita lakukan, walau dengan pola yang lain, karena kegiatan inilah sebagai upaya kita dalam menselaraskan antara kajian teori yang dikembangkan dikelas pada saat perkuliahan dengan realitas dunia kerja.

Dekan Fakultas Ekonomi Unimed Prof. Indra Maipita, M.Si, Ph.D, dalam arahannya mengatakan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah sebagai upaya mensinergikan perkuliahan di kelas dengan realitas dimasyarakat. Saya sangat berharap para mahasiswa FE Unimed dapat terinspirasi dari paparan para pakar dan praktisi ekonomi yang kita undang dalam kuliah umum ini. FE Unimed berupaya dalam melahirkan lulusan yang handal dalam bidang ekonomi, bisnis dan guru pendidikan ekonomi. Kita berharap lulusan FE Unimed itu harus siap pakai dalam dunia kerja, makanya untuk mempersiapkan hal itu kita harus mensinergikan antara kajian teori yang dilakukan dalam perkuliahan dengan realitas dunia kerja dimasyarakat. Kita dalam kuliah umum ini mengundang semua dosen dan mahasiswa FE Unimed, dengan harapan agar aktivitas perkuliahan yang dilaksanakan dosen dapat memberikan contoh-contoh kasus di dunia kerja. Dengan demikian kita dapat mengarahkan mahasiswa untuk memiliki wawasan secara teoritis dan praktis sesuai realitas didunia kerja. Semoga kegiatan kuliah umum ini dapat bermanfaat baik bagi civitas FE Unimed untuk terus berupaya mewujudkan visi yakni membentuk lulusan yang unggul dalam bidang pendidikan ekonomi dan bisnis. (Humas Unimed).


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya