Pendaftaran Calon Peserta Program Sit-In Kerjasama Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan Dengan Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya

A.  Pendahuluan
Untuk mewujudkan Visi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan (FE UNIMED) membentuk lulusan yang unggul dalam bidang pendidikan dan ilmu ekonomi maka perlu dilakukan serangkaian kegiatan berupa pembentukan budaya belajar dalam proses pembelajaran berbasis kompetensi profesional dimana pertukaran budaya belajar dan pembentukan atmosfir akademik perlu dikembangkan dalam bentuk kerjasama antara beberapa institusi pendidikan yang sejenis.
Sebagai langkah untuk mewujudkan visi tersebut, FE-UNIMED meluncurkan program kerjasama dengan beberapa universitas terkemuka baik dalam maupun luar negeri. Satu diantara kerjasama tersebut adalah dengan melakukan program sit-in. Program ini memberikan peluang bagi para mahasiswa/i yang mendapatkan pengalaman belajar dengan budaya belajar yang berbeda pada institusi pendidikan yang bereputasi baik, keinginan untuk mendapatkan pengalaman baru dalam menuntut ilmu  dan keinginan untuk dapat belajar di universitas-universitas terkemuka tersebut dalam kurun waktu tertentu di fasilitasi dalam kegiatan ini dimana  hanya mahasiswa/i yang memenuhi persyaratan untuk diterima, akan difasilitasi sebagaimana persyaratan-persyaratan tertentu yang telah disepakati sebelumnya antara UNIMED dan universitas-universitas tujuan untuk belajar.
Kegiatan ini merupakan terobosan penting untuk meningkatkan kinerja para mahasiswa/i FE-UNIMED, dan langkah kerjasama ini menjadi alternatif logis untuk meningkatkan kualitas belajar mahasiswa secara berkelanjutan karena  kesempatan yang berharga ini perlu di kompetisikan bagi mahasiswa di lingkungn FE Unimed.

 

B.    Tujuan
Tujuan dari program ini adalah terbentuknya sinergi proses belajar mengajar antara FE UNIMED dengan kampus tujuan dalam rangka membentuk atmosfir akademik yang lebih baik. Kegiatan ini di implementasi dalam kegiatan sit-in, dimana para mahasiswa/i FE-UNIMED yang memenuhi kriteria tertentu, dapat melakukan proses perkuliahan dalam kurun waktu tertentu pada fakultas ekonomi universitas tujuan.

 

C.    Manfaat
Melalui program ini, selain memberikan manfaat bagi lembaga khususya FE-UNIMED juga memberikan manfaat kepada para mahasiswa/i. Manfaat yang akan diperoleh melalui program antara lain dapat dijabarkan sebagai berikut:
  1. Menambah wawasan mahasiswa mahasiswa/i,
  2. Menambah jejaring sesama mahasiswa/i sehingga terbuka kesempatan untuk berbagai pengalaman dalam konteks akademik serta hal-hal positif lainnya, dan
  3. Memberi peluang untuk membentuk kegiatan-kegiatan bersarna di kalangan mahasiswa/i.
 
D.    Persyaratan
a)  Persyaratan Administrasi:
  1. Program sit in (kuliah 1 semester) di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Brawijaya berlaku pada semester Genap 2015/2016.
  2. Mahasiswa Fakultas Ekonomi Unimed peserta sit in (selanjutnya disebut “peserta”) merupakan mahasiswa aktif pada semester 4 (empat) dan 6 (enam), dibuktikan dengan fotocopy  Kartu Tanda Mahasiswa (KTM).
  3. Setiap peserta wajib mengikuti peraturan akademik dan non akademik yang berlaku di FEB UB.
  4. Jumlah sks yang dapat ditempuh setiap peserta maksimal sebanyak 24 sks  disesuaikan dengan KHS semester ganjil 2015/2016.
  5. Mahasiswa yang diperkenankan mengikuti Program sit in adalah mahasiswa  Jurusan Akuntansi FE Unimed yang telah menyelesaikan studi semester III  (angkatan 2014)  dan semester V (angkatan 2013)
  6. Nilai akhir setiap mata kuliah akan dilaporkan secara tertulis kepada Dekan FE UNIMED sebagai bukti pelaksanaan kegiatan.
  7. Peserta dikenakan biaya dengan ketentuan sebagai berikut:
    • Setiap peserta wajib membayar uang kuliah/semester yang berlaku di FEB UB  pada tahun akademik 2015/2016
    • Biaya SPP /semester  sebesar  Rp 5.175.000 (SPP, DBP, Bandwidth)
    • Biaya  SPP dibayar ke Bank Negara Indonesia (BNI) atas nama Rektor UB dengan nomor rekening 0039649665 paling lambat pada tanggal 12 Februari 2015.
  8. Akomodasi peserta diatur sebagai berikut:
    • FEB UB akan membantu mencarikan tempat akomodasi.
    • Keputusan tempat akomodasi ada pada peserta.
    • Biaya akomodasi ditanggung oleh peserta.
  9. Peserta diwajibkan datang ke FEB UB untuk melakukan registrasi pada rentang tanggal 25 Januari -  5 Februari 2016.
  10. Perkuliahan Semester Genap tahun akademik 2015/2016 berlangsung pada tanggal 15 Februari – 3 Juni 2016.
  11. Menyertakan Surat  pernyataan kesediaan dan kesanggupan  orang tua peserta atas biaya hidup selama mengikuti progran sit in (Form dapat diambil di Jurusan Akuntansi).
  12. Menyertakan  surat  pernyataan untuk desiminasi dan komunitas belajar mahasiswa di Jurusan Akuntansi (Form dapat diambil di Jurusan Akuntansi).

b).  Persyaratan Akademis

  1. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif, minimal 3,00 disaat mengajukan diri sebagai calon peserta.
  2. Dinyatakan lulus dari hasil tes/uji (tulisan dan wawancara) yang diselenggarakan oleh panitia yang dibentuk fakultas.

 

E.  Informasi Tambahan
    1. Unimed akan memberikan bantuan bagi peserta yang lulus seleksi dengan kategori sebagai berikut:
      • Kategori I (nilai tertinggi ranking 1-5) akan mendapat bantuan biaya pendidikan 50%  dari  dana  SPP di Universitas Tujuan, Tiket pesawat PP (Medan – Malang) dan bantuan biaya pemondokan.
      • Kategori II (ranking 6-10) akan mendapat bantuan 50% dari dana SPP di Universitas Tujuan dan bantuan biaya pemondokan.
      • Kategori III (> rangking 10) seluruh biaya ditanggung peserta.
    2. Biaya SPP 50% yang ditanggung oleh mahasiswa (peserta sit in) sudah termasuk biaya SPP yang sudah dibayar di UNIMED (50% x Rp. 5.175.000 – Uang kuliah yang telah dibayarkan ke Unimed untuk semester genap).
    3. Informasi lebih lanjut dapat menghubungi Jurusan Akuntansi FE Unimed dengan kontak person berikut:
    • Drs. Muhammad Ishak, SE., M.Si., Ak., CA. (081370633738)
    • Dr. Nasirwan, SE, M.Si., Ak., CA. (085331069065)
    • Drs. La Ane, M.Si. (08126464050)

 

F. Jadwal

No
Rangkaian Kegiatan
Tanggal
1 Pendaftaran peserta 06 - 21 Januari 2016
2 Test, Wawancara & Seleksi 22 s/d 23 Januari 2016
3 Pengumuman peserta lulus 25 Januari 2016
4 Penyelesaian  Administrasi dan biaya 28 Januari 2016
5 Registrasi ke kampus tujuan (UB) 31 Januari 2016
6 Perkuliahan 15 Februari – 3 Juni 2016
7 Kembali  FE UNIMED Juni 2016

 

DOWNLOAD

Lampiran File Pedoman Pelaksanaan silahkan klik    DOWNLOAD
Formulir Pendaftaran Program Sit-In    DOWNLOAD
Surat Pernyataan Orang Tua    DOWNLOAD
Surat Pernyataan Orang Tua (Katagori 1)    DOWNLOAD
Surat Pernyataan Orang Tua (Katagori II)     DOWNLOAD
Surat Pernyataan  Orang Tua (Katagori III)    DOWNLOAD
Surat Pernyataan Mahasiswa    DOWNLOAD
Materi Seleksi Sit In    DOWNLOAD


[ BACK ]
Baca Berita Lainnya