SAMBUTAN DEKAN FAKULTAS EKONOMI UNIVERSITAS NEGERI MEDAN (UNIMED)



           Akibat perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang pesat serta cepatnya arus informasi di era globalisasi saat ini, dunia pendidikan diwarnai oleh persaingan yang semakin ketat. Terjadinya krisis multidimensi masih sangat dirasakan dampaknya. Kesemuanya itu bermuara kepada sumber daya manusia yang belum siap menerima keadaan demikian. Salah satu program yang dapat digunakan untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, mampu mengembangkan diri serta memiliki kepribadian secara komprehensif di masa krisis serta di masa-masa yang akan datang adalah program pendidikan sebab pendidikan pada hakekatnya merupakan upaya untuk menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara seiring dengan perkembangan sosial dan budaya serta teknologi yang senantiasa berubah.

           Belajar dari pengalaman pahit tersebut dan sebagai upaya untuk menyiapkan serta menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, yang mampu mengembangkan diri serta memiliki kepribadian secara komprehensif Tim Pengembang Jurusan Pendidikan Ekonomi Fakultas IImu Sosial UNIMED menggunakan kesempatan untuk mengelola program studi non kependidikan. Pembukaan program studi non kependidikan ini sebenarnya juga sebagai respon terhadap tuntutan dan perkembangan zaman dan juga tanggapan terhadap Surat Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Nomor 2883/D/1995 tanggal 1 Nopember tentang Konversi IKIP menjadi Universitas, selanjutnya Surat Dirjen Dikti No. 1499/D/T/1997 tanggal 29 Mei 1997 mengenai perluasan mandat bagi FPIPS IKIP Medan untuk membuka Program Studi Non Kependidikan.

           Berdasarkan hal tersebut di atas, sejak tahun 1998 Tim Pengembang Jurusan Pendidikan Ekonomi FIS UNIMED telah mengusulkan pembukaan program non kependidikan untuk Program Studi Manajemen, Program Studi Akuntansi dan Program Studi Ilmu Ekonomi dan Studi Pembangunan Jenjang S-l kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi. Saat ini upaya tersebut telah membuahkan hasil walaupun belum semuanya, melalui Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 352/DIKTl/Kep/2000 Tanggal 25 September 2000  tentang Pembentukan Program Studi S-l Manajemen di Universitas Negeri Medan dan Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 2310/D/T/2001 Tanggal 4 Juli 2001 tentang Ijin Penyelenggaraan Program Studi Akuntansi S-l pada Universitas Negeri Medan (UNIMED), maka sejak Tahun Akademik 2001/2002 di Fakultas Ilmu Sosial UNIMED telah diterima mahasiswa Program Studi Manajemen sebanyak 39 orang dan mahasiswa Program Studi Akuntansi sebanyak 88 orang untuk Angkatan-I yang nantinya akan bergelar akademik Sarjana Ekonomi (SE) sesuai dengan Keputusan Direktut Jenderal Pendidikan Tinggi Depdiknas RI No. 352/DIKTI/Kep/2000 Tanggal 25 September 2000.

           Masalah yang muncul adalah tidak lazimnya Sarjana Ekonomi (SE) diluluskan oleh Fakultas IImu Sosial karena umumnya Sarjana Ekonomi (SE) diluluskan oleh Fakultas Ekonomi. Tuntutan inilah yang menjadi dasar bagi Tim Pengembang untuk mengusulkan pembukaan Fakultas Ekonomi di Universitas Negeri Medan. Karenanya pada Tahun 2004, Tim Pengembangan Jurusan Pendidikan Ekonomi FIS UNIMED telah mengajukan pembukaan Fakultas Ekonomi di UNIMED kepada Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi di Jakarta. Hasil dari pengusulan tersebut adalah keluarnya surat Direktur Pembinaan Kelembagaan dan Pemberdayaan Peran Masyarakat Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi No: 1639/D5.1/T/2004 perihal Pembukaan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan yang pada intinya Pembukaan Fakultas Ekonomi Diijinkan melalui swadana . Berdasarkan surat tersebut  Rektor Unimed mengeluarkan Surat Keputusan Tentang Pendirian Fakultas Ekonomi dengan No:153/J39.KEP/PP/2005 tertanggal 25 Agustus 2005 . Sejak dikeluarkannya SK Rektor tersebut maka FE Unimed telah resmi berdiri dengan swadana. FE Unimed membawahi tiga Jurusan yaitu Jurusan Pendidikan Ekonomi (Prodi pendidikan Akuntansi, Tata Niaga dan Administrasi Perkantoran), Jurusan Manajemen dan Jurusan Akuntansi.

           Sejak berdirinya tahun 2005 sampai dengan tahun 2015 FE Unimed telah meluluskan Sarjana Pendidikan Ekonomi sebanyak 4.068 orang dan Sarjana Ekonomi sebanyak 1.477 orang. Namun pada bulan September 2008 Inspektorat Jenderal Depdiknas dengan No.LHP.149/LHP/IR.IV/VIII/2008. Tgl.12 September 2008 telah merekomendasikan sebagai berikut : 1).Rektor Universitas Negeri Medan agar mengusulkan kembali ijin pendirian Fakultas Ekonomi Kepada Menteri Pendidikan Nasional melalui Dirjen Dikti. 2). Dirjen Pendidikan Tinggi agar menindak lanjuti usul ijin pendirian FE Unimed, mengingat penyelenggaraannya sudah 9 tahun, dengan jumlah mahasiswa sebanyak 4.983 orang  dan telah memiliki dosen  sebanyak 118 orang serta sarana dan prasarana yang cukup memadai.

           Hinga saat ini , Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan terus bertumbuh, hal ini diaktualisasikan dalam beberapa bentuk pencapaian, Seperti telah terakreditasinya dua Program Studi dengan nilai A, dan 4 Program Studi dengan nilai B, Semakin intensifnya output yang di prakasai oleh Senat Mahasiswa Fakultas, Badan Perwakilan Mahasiswa Fakultas dan Himpunan Mahasiswa Jurusan yang ada di Lingkungan Fakultas Ekonom Unimed, serta semakin tingginya frekuensi partisipasi Fakultas Ekonomi dalam kegiatan-kegiatan akademis, baik pada skala Universitas, Nasional maupun
Internasional. Sejumlah Dosen Fakultas Ekonomi juga aktif berperan dalam kancah kegiatan Nasional maupun Internasional.

           Semakin dinamisnya perkembangan ilmu dan tuntutan stakeholders atas SDM yang berkualitas, membuat Fakultas Ekonomi terus berfikir kreatif dalam memenuhi tuntutan stakeholders tersebut. Salah satu upayanya adalah dengan merancang cetak biru dan juga timeline yang tepat dalam proses pengembangan program sarjana. Disamping itu fakultas Ekonomi terus meningkatkan keterlibatannya dalam ranah pengembangan riset dan networking. Tujuannya adalah guna meningkatkan konektivitas guna memanifestasikan program kerja yang telah disusun sebagaimana tertuang dalam visi dan misi institusi yaitu menuju “world class university”.dengan demikian staf intensif dilakukan melalui berbagai macam skema, dalam bentuk pemberian beasiswa, maupun pelaksanaan training and development bagi tenaga pengajar dan tenaga kependidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Medan.